Selasa, Desember 18, 2007

iPod tidak mau mati, hang.

Hari ini saya direpotkan dengan iPod Nano yang diam-diam tidak mau bersuara dan tidak mau mati. Kemarin saya charge batterynya dan sekalian cek softwarenya apa ada update, nyatanya tidak ada. Tetapi karena sekalian update Windows jadi terpaksa harus restart tiga kali berhubung permintaan dari update Windows. Saat itu iPod masih terhubung terus besarta dengan restart Windows.

Cerita punya cerita, akhirnya selesai juga otak-atik dengan komputer, lalu saya cabut iPodnya karena sudah battery sudah penuh dan juga sudah malam, juga sekalian matikan komputer dan internet.

Besok pagi saya nyalakan iPod Nano tersebut untuk menemani kerja, eh.. tiba-tiba tidak bisa memainkan lagu dan hang, tidak mau mati.

Pusing juga, seharian saya coba utak atik dan coba lagi dari awal dengan notebook saya yang kemarin saya buat charge barang kali ada yang tidak beres saat itu atau ada virus. Saya sudah scan spyware dan virus... tidak juga menyelesaikan masalah. Saya cek iTunesnya tidak ada masalah kelihatannya. Sampai akhirnya didalam keputus-asaan saya, seperti yang dilakukan oleh Raja Daud, saya berdoa dan masuk dalam hadiratNya.


Saat itu, entah bagaimana akhirnya muncul damai sejahtera dan dengan dorongan hati saya sekali search di Google ketemulah cara untuk menyelesaikannya. Begitu simple sampai tidak terpikir. Sama seperti Pocket PC, kalau lagi hang kita dapat pulihkan dengan soft riset atau dalam bahasa PC disebut restart, ternyata OS iPod juga hanya perlu direstart juga.

Caranya mudah, tinggal geser tombol hold, kemudian kembalikan lagi kedalam kondisi terbuka. Lalu tekan Menu dan Select secara bersamaan dan tahan sekitar 5 detik maka akan segera restart dan muncul logo Apple.

Persoalan dan jalan buntu, membuat kita pusing, tetapi saat kita menghampiriNya, maka jawaban itu menjadi nyata dan jelas. Persoalan kecil seperti ini saja Allah memberikan pencerahan, apalagi persoalan besar yang menghadang jalan hidup kita... Allah tentu jauh lebih peduli.

Semoga kejadian kecil ini memberikan pandangan besar bagi jalan hidup kita.

"Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku."
Mazmur 54:6

5 komentar:

Adon mengatakan...

mas Leo, terima kasih ya untuk cara me-restart iPod-nya.
Saya percaya saya dibimbing Tuhan untuk sampai ke blog Mas Leo.
Tuhan Memberkati..

Unknown mengatakan...

saya punya bbrp x restart sendiri mas -_-
mengerikan
baru aja hang pas dicharge
akhirnya gugling
terima kasih banyak bantuannya :D

Sun mengatakan...

Thanks mas Leo,
Saya mendapat persoalan yang sama. IPOD saya hang, setelah saya searching... eh saya nemu jawabannya disini...

Thanks... TUHAN YESUS MEMBERKATI

Kelvin mengatakan...

saya mendapatkan masalah yang sama tapi nemu di sini...

thx banget

Tuhan Yesus memberkati

Unknown mengatakan...

terima kasih mas leo, IPOD saya jd bisa di pakai lagi.

Tuhan Bless you